oleh

Dalami SPBE dan Dana Hibah, Beliadi Kunjungi Diskominfos dan Badan Kesbangpol Provinsi Bali

-DPRD Babel-405 views

DENPASAR – Sebagai salah satu Provinsi yang memperoleh penghargaan Digital Goverment Award SPBE Summit 2024, dalam Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik, Pemerintah Provinsi Bali menjadi salah satu rujukan dalam kegiatan kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel).

Beliadi, Wakil Ketua II DPRD yang didampingi oleh Safri dari Komisi I DPRD Provinsi Kep. Babel menyampaikan bahwa kunjungan ini seiring dengan semangat digitalisasi birokrasi dan administrasi pemerintahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dengan digitalisasi, akan berdampak terhadap kecepatan dan kepuasan pelayanan kepada masyarakat.

“Keberhasilan Pemerintah Provinsi Bali dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, akan kita jadikan contoh dan menjadi masukan dari kami sebagai Wakil Rakyat kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Juga keberhasilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali dalam merangkul ormas yang ada di Bali” ungkap Beliadi, Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan Belitung ini.

Dikatakan I Gede Agus Arjawa Tangkas, Kepala Bidang Teknologi dan Informatika Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali ada beberapa faktor yang menjadi kunci keberhasilan Pemerintah Provinsi Bali dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini disampaikan pada pertemuan di Ruang Rapat Video Conferense Senin, (03/06/2024).

“Koloborasi menjadi keharusan dalam menerapkan SPBE. Dilanjutkan dengan pembentukan Lembaga (UPTD) untuk pengembangan dan integrasi layanan digital. Pemerintah Daerah harus mendorong kompetisi antar Perangkat Daerah dalam penerapannya”, ucap I Gede Agus Arjawa Tangkas.

“Yang tak kalah penting, adalah Sumber Daya Manusia yang membangun system tersebut. Pemerintah Provinsi Bali memberi Salary standard industry untuk Developer berkualitas. Kemudian Pemerintah Daerah mengitegrasikan bisnis, mulai dari proses dan layanan. Dan yang utama adalah penguatan dan komitmen penerapan kebijakan oleh Kepala Daerah”, lanjut Kepala Bidang Teknologi dan Informatika Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali ini.

Pemerintah Provinsi Bali juga berhasil mengintegrasikan layanan dengan berbagai entitas, termasuk layanan Pemerintah Pusat, seperti Satu Data Indonesia. Juga menjalin Kerjasama dengan Pusat Data Nasional (PDN) untuk memaksimalkan pemanfaatan insfrastruktur dan layanan yang ada.

Selain kunjungan ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Wakil Ketua DPRD yang didampingi Anggota Komisi I yang membidangi Pemerintahan, juga mengunjungi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali di Denpasar, pada Selasa (04/06/2024).

Salah satu keberhasilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali dalam pembinaan ormas yang ada di Bali. Ormas-ormas tersebut dirangkul dengan kegiatan berkumpul setiap Jum’at. Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai aksi langsung ke masyarakat. Termasuk diantaranya Bakti Sosial. Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, anggaran yang digunakan merupakan iuran sukarela dari anggota ormas dan berbagai elemen masyarakat, tanpa dianggarkan melalui APBD.

 

Tim Publikasi Setwan 2024

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *